Rencana Joko Widodo Wacana Kemiskinan 5 Tahun Ke Depan, Berikut Bocoran Menteri Ppn

Posted by Ganas003 on September 05, 2019 in

Rencana Jokowi Tentang Kemiskinan 5 Tahun ke Depan, Berikut Bocoran Menteri PPN

Presiden Jokowi

Tujuan pemerintah untuk terus mendorong implementasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan Indonesia (Sustainable Development Goals/SDGs) hingga tahun 2030. Ada 17 tujuan dalam SDGs, di mana dua fokus utama ditargetkan pertama yang harus dicapai.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) atau Kepala Bappenas Bambang Brodjonegero menyampaikan bahwa semua tujuan SDGs akan dipercepat oleh pemerintah dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) dua periode berikutnya.

"Kami membawa SDG ke dalam planning pengembangan kami dalam 5 tahun. Tapi ini hanya hingga 2030, jadi kami memastikan ini masuk ke proses RPJMN 2020-2024 dan 2025-2029," katanya sesudah Konferensi Tahunan SDGs 2019 terkait Laut Berkelanjutan di Hotel Fairmont, Jakarta, Selasa 8 Oktober 2019.

Dia menyatakan, dua fokus utama dalam 17 tujuan SDG ialah untuk mengurangi kesenjangan yang menjadi tujuan ke-10 dan menghilangkan kemiskinan yang merupakan tujuan pertama. "Keduanya menjadi yang utama, tetapi yang lain juga saling mendukung, yang pada jadinya mengurangi ketidaksetaraan dan kemiskinan," katanya.

Oleh alasannya ialah itu, untuk mencapai tujuan ini Bappenas mendirikan Pusat Pembiayaan SDGs. Unit ini dibuat untuk mengoordinasikan pendanaan untuk agenda SDGs di Indonesia. Pendanaan SDGs akan mengoordinasikan dana proyek SDGs dari zakat, CSR (Corporate Social Responsibility), filantropi, ke crowdfunding (dana dari publik).

Jokowi bagi sembako di Duri Kepa, Jakarta Barat

Selain dana non-pemerintah, sentra pembiayaan SDG juga akan mengoordinasikan dana dari APBN, serta pembiayaan melalui sektor swasta dan pemerintah baik melalui pembiayaan investasi non-anggaran (PINA) dan kerjasama antara pemerintah dan tubuh perjuangan (KPBU).

"Jadi kami mengidentifikasi sumber pendanaan dan planning aksi. Kami tidak mengumpulkan uang, tetapi bertemu sumber pendanaan dengan planning agresi di SDGs," kata Bambang.


17 tujuan SDGs Indonesia hingga tahun 2030 adalah:

1. Menghilangkan kemiskinan

2. Menghilangkan kelaparan

3. Hidup sehat dan sejahtera

4. Pendidikan berkualitas

5. Kesetaraan gender

6. Air higienis dan sanitasi yang layak

7. Energi yang terjangkau dan bersih

8. Pekerjaan yang layak dan pertumbuhan ekonomi

9. Industri, inovasi, dan infrastruktur

10. Mengurangi kesenjangan

11. Kota dan pemukiman yang berkelanjutan

12. Konsumsi dan produksi yang bertanggung jawab

13. Menangani perubahan iklim

14. Ekosistem lautan

15. Ekosistem darat

16. Perdamaian, keadilan dan institusi yang kuat

17. Kemitraan untuk mencapai tujuan