Harga Mobil Bekas: 5 Hal Penting yang Harus Diketahui Sebelum Ambil Kredit Mobil Bekas

Posted by KarimGanas on November 15, 2019 in ,


Ada banyak alasan yang membuat masyarakat Indonesia lebih tertarik untuk membeli kendaraan bekas jika dibandingkan dengan yang baru, tak lain adalah dari segi harganya. Dimana memang karena depresi harga maka tidak dapat dipungkiri jika nilai jualnya ke pasaran juga jadi jauh lebih murah dibandingkan dengan membeli kendaraan baru. Harga mobil bekas bisa jadi lebih murah setengah harga dibandingkan dengan produk jual barunya di pasaran, siapa yang tidak tertarik untuk membelinya.

Hanya saja memang benar jika seandainya dari segi kualitas sendiri memang sudah pasti tidak sebagus produk kendaraan yang masih baru, karena sudah pernah dipakai sebelumnya. Bahkan tidak dapat dipungkiri juga jika seandainya untuk mendapatkan tawaran harga yang jauh lebih murah lagi, atau pembayaran semakin ringan. Maka tidak jarang diantaranya yang memilih untuk membeli produk kendaraan bekas tersebut dengan menggunakan sistem kredit.


Hanya dengan membayar uang muka, maka nantinya kendaraan sudah bisa dibawa ulang ke rumah, hanya saja masih ada hutang yang harus dibayar dengan sistem cicilan kedepannya. Namun sebelum memutuskan untuk mengambil kredit mobil bekas ini sendiri, maka berikut ini ada beberapa hal yang patut untuk Anda ketahui, yaitu:

  1. Ada biaya tambahan yaitu suku bunga, meskipun terasa lebih ringan, faktanya biaya yang harus Anda bayarkan juga bertambah saat memutuskan untuk membeli dengan sistem kredit ini. Tak lain karena memang harus ikut serta membayar uang tanggungan bunga. Berbeda lembaga pembiayaan yang Anda pilih sendiri nyatanya juga akan sangat mempengaruhi berapa besar nilai bunga yang harus dibayar tersebut. Itulah mengapa harus dipertimbangkan baik-baik.
  2. Kenali juga syarat-syarat yang harus dipenuhi ketika ingin kredit kendaraan tersebut, tidak semua lembaga pembiayaan akan langsung begitu saja menerima pengajuan atau apply kredit Anda. Karena faktanya mereka juga akan memberikan beragam jenis syarat apakah nantinya pengajuan kredit tersebut akan diterima ataukah tidak. Seperti diantaranya adalah minimal penghasilan perbulannya, apakah memenuhi kriteria ataukah tidak, hingga syarat-syarat pendukung yang lainnya.
  3. Ada uang muka yang harus dibayarkan, meskipun banyak yang menawarkan produk kredit kendaraan DP 0 rupiah, namun juga harus diketahui bahwa tanpa adanya DP maka semakin besar hutang atau tanggungan Anda. Akan jauh lebih baik jika seandainya Anda membayar uang muka, namun dengan jumlah yang sesuai kemampuan, lebih baik bayarlah uang muka paling tidak 50 persen dari total harga kendaraan, sehingga nantinya beban hutang jadi semakin ringan.
  4. Pilihlah tenor yang tepat, pemilihan tenor ini nyatanya sangatlah berhubungan dengan berapa besar nilai cicilan yang nantinya harus dibayarkan setiap bulannya, jadi jangan asal dalam memilih jangka waktu pelunasannya tersebut, pilihlah yang benar-benar sesuai dengan kemampuan pembayaran Anda.
  5. Ada resiko yang harus Anda tanggung jika seandainya tidak mampu melunasi hutang atau kredit mobil tersebut, diantaranya adalah mobil tersebut nantinya bisa saja disita oleh pihak atau lembaga pembiayaan. Anda juga harus siap dengan hal yang satu ini jika seandainya tidak mampu melunasi hutangnya.
Setidaknya itulah beberapa hal penting yang memang wajib Anda ketahui sebelum memutuskan untuk ambil kredit mobil bekas. Lebih aman sebenarnya membeli secara tunai, karena sudah pasti harganya jauh lebih murah, cek langsung harga mobil bekas tersebut secara online, untuk mengetahui kisaran nilainya dan banding-bandingkan sebelum membeli.